Minggu, 01 Agustus 2010

Indahnya Perbedaan

Indahnya Perbedaan

Ivan Taniputera
(1 Agustus 2010)



Sebentar lagi, negeri kita akan memperingati ulang tahunnya yang ke-65. Indonesia adalah suatu negeri yang terdiri dari beragam suku bangsa beserta segenap adat istiadat dan bahasanya masing-masing. Namun pada tanggal 17 Agustus 1945 kita telah sepakat membentuk suatu keluarga besar atau nation yang disebut Indonesia. Keragaman yang ada pada bangsa kita ini sebenarnya adalah suatu keindahan.


Pengalaman sejarah membuktikan bahwa segenap suku bangsa dari Sabang hingga Merauke pernah merasakan pahitnya penjajahan dan kolonialisme. Berbekalkan perasaan senasib dan sepenanggungan ini, para pemuda Indonesia pada tanggal 28 Oktober 1928 mencetuskan apa yang dinamakan Sumpah Pemuda:


Bertanah air satu Tanah Air Indonesia
Berbangsa satu Bangsa Indonesia
Berbahasa  satu Bahasa Indonesia

Semangat persatuan ini merupakan jembatan menuju pintu gerbang kemerdekaan.

Kini setelah kemerdekaan diraih, apakah generasi muda sekarang masih sanggup meneladani semangat penghargaan terhadap perbedaan? Bagaimanakah generasi sekarang menyikapi perbedaan tersebut? Perbedaan itu antara lain berupa SARA ataupun perbedaan dalam hal pendapat. Apakah masing-masing pihak dapat menerima perbedaan tersebut?

Dalam suatu diskusi, tidak jarang terdapat pribadi-pribadi yang kurang dapat menghargai pendapat orang lain. Mereka merendahkan dan berkeras sedapat mungkin "menghantam" lawan diskusinya. Tindakan ini sesungguhnya kurang sehat. Bagaimanapun juga kita hendaknya sanggup menyadari bahwa perbedaan itu memang indah. Barulah dengan demikian, sikap saling menghargai dapat dibina. Semua ini merupakan komponen-komponen penting demi menjaga kesatuan bangsa dan negara.

Perbedaan bukanlah alasan saling memusuhi. Merupakan ajang pengenalan bahwa hidup ini sesungguhnya memang berwarna-warni. Jika kita mewarnai dunia hanya dengan satu warna saja, tentulah tiada keindahan itu lagi. Keragaman itu sungguh merupakan keindahan tiada tara dan sungguh merupakan suatu anugerah. Kedewasaan dalam diri suatu sosok nampak pada kesanggupannya menghargai dan mensyukuri segenap perbedaan itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar