Minggu, 01 Agustus 2010

Apakah Uang Membuat Bahagia?

Apakah Uang Membuat Bahagia?


Ivan Taniputera
(1 Agustus 2010)


Hampir sebagian besar manusia di muka bumi ini berjuang mencari uang. Ada yang bekerja dari pagi sampai malam hanya demi mendapatkan uang. Ada pula yang berpikir bahwa jika telah menjadi miliarder hidupnya akan bahagia. Namun benarkah uang merupakan sumber kebahagiaan? Bila benar uang merupakan sumber kebahagiaan, tentunya orang yang hanya punya sedikit uang akan memiliki lebih sedikit kebahagiaan. Meskipun demikian, saya menyaksikan orang-orang yang hanya punya sedikit uang sanggup tertawa lepas dengan bahagianya. Sebaliknya, orang-orang yang punya banyak uang justru lebih banyak keruwetan pikiran.

Mereka memikirkan saingan usaha mereka, bagaimana usaha mereka dapat terus berjalan, hutang-hutang mereka, dan masih ada seabrek masalah lainnya. Oleh karena itu, uang bukanlah sumber kebahagiaan. Kendati demikian, bukan berarti uang tidak perlu. Hanya saja kebahagiaan bukanlah semata-mata terletak pada uang. Lalu dari mana datangnya kebahagiaan? Sebenarnya kebahagiaan berasal dari diri sendiri. Dapatkah kita merasa puas dengan apa yang kita miliki? Jika tak pernah merasa puas, berapapun uang kita miliki tak akan kita merasa bahagia.

Sumber kebahagiaan kedua adalah memberikan manfaat bagi orang lain. Jika kita sanggup menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi sesama kita, bolehkan kita merasa bahagia. Hidup ini singkat. Waktu sehari bagaikan sekejap mata saja. Pagi hari dengan cepat berganti menjadi senja hati. Senja mengalir menjadi malam hari. Lalu tibalah esok hari. Tak terasa waktu setahun, dua tahun, sepuluh tahun, duapuluh tahun, limapuluh tahun berlalu. Apakah artinya semua itu, bila kita tak meninggalkan manfaat bagi orang lain? Apakah kita tak merasa bahagia bila sanggup membuat orang lain bahagia? Semoga renungan singkat ini dapat mendatangkan manfaat bagi kita semua.

2 komentar:

  1. Apakah uang membuat bahagia? bisa ya dan tidak, tergantung cara kita memandang dan menggunakannya. Uang akan membuat kita bahagia, apabila kita memandang dan menggunakannya secara bijak. Kita dapat menggunakan uang untuk membiayai kehidupan, pendidikan dan kesehatan. akankah kita bahagia apabila kita terbebani masalah kehidupan seperti: sulitnya mendapatkan sandan pangan papan yang layak? apalagi bila kita dirundung penyakit? adalah bahagia, kalau kita dapat mempunyai prinsip :UANG UNTUK KEHIDUPAN, bukan HIDUP UNTUK UANG. dan paling bahagia: kalau KITA BISA MEMBERI (the secret of happiness is giving)

    BalasHapus