Sabtu, 31 Juli 2010

Galileo - Berani Tampil Beda

Galileo - Berani Tampil Beda

Ivan Taniputera
(31 Juli 2010)


Galileo Galilei mendapat tentangan keras dari orang-orang sezamannya sehubungan dengan berbagai teori yang dikemukakannya. Meskipun demikian, Galileo pantang mundur dan terus memegang teguh sesuatu yang dianggapnya kebenaran, walau tidak harus secara terang-terangan. Ilmu pengetahuan membuktikan bahwa Galileo yang benar.

Oleh karenanya, sikap keberanian berpikir seperti ini pantas diteladani oleh generasi-generasi selanjutnya. Seorang pemikir sejati tidak akan puas dengan segenap kemapanan dan teori yang telah dipegang teguh serta dianut bergenerasi-generasi sebelumnya. Kita membayangkan betapa beraninya Galileo menentang kemapanan yang telah dianut oleh masyarakat zaman itu. Butuh tekad dan semangat membaja. Sudah pasti konsekuensi yang diterima Galileo adalah penderitaan lahir dan batin.

Seorang ilmuwan yang baik selalu menguji teori yang telah dianggap mapan, karena ilmu pengetahuan itu tidak pernah berhenti berkembang. Cakrawala pemahaman umat manusia terus berkembang sepanjang zaman. Dengan demikian, kemandekan dalam ilmu pengetahuan berwujud "kemapanan" merupakan penghambat bagi perkembangan sains itu sendiri. Perlu tokoh-tokoh berinsipiratif dan berjiwa pemberani untuk mendobraknya.

Galileo telah menjadi salah seorang di antara mereka. Semoga tumbuh ribuan atau bahkan jutaan Galileo-Galileo lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar