Rabu, 15 September 2010

Perbandingan bahasa Inggris dan bahasa Jerman

Perbandingan bahasa Inggris dan bahasa Jerman


Ivan Taniputera
15 September 2010

Juga dimuat di ivantaniputera.blogspot.com. Silakan kunjungi blog ini.

Kali ini kita akan membahas perbandingan antara bahasa Inggris dan Jerman. Tentu saja ada banyak sekali perbedaan antara bahasa Inggris dan Jerman, tetapi kita akan mengulas yang pokok-pokok saja. Perbedaan menarik adalah adanya kata ganti Sie, selaku kata ganti orang kedua tunggal kehormatan. Padanannya tidak ada dalam bahasa Inggris, dan biasanya ditulis dengan kata You (Y dalam huruf besar). Mungkinkah penggunaan kata Sie ini merupakan sisa-sisa budaya feodal di Jerman. Meskipun demikian dalam bahasa Inggris kuno ada juga kata “thou” yang mencerminkan nuansa kehormatan.

Perbandingan selengkapnya kata ganti orang dalam bahasa Inggris dan Jerman adalah sebagai berikut:

Inggris Jerman

I             ich
You        du
He          er
She        sie
It           es
We       wir
They      sie
-           Sie

Yang sering luput dari perhatian kita, kata ganti “it” itu tidak identik dengan “es” dalam bahasa Jerman. Kata ganti “es” hanya menggantikan benda-benda yang berartikel “neutral” (netral). Sebagaimana yang kita ketahui bahasa Jerman membedakan jenis kelamin benda; misalnya Apfel (apel) dianggap maskulin (artikelnya “der”), Katze (kucing) dianggap feminism (artikelnya “die”), dan Auto (mobil) dianggap netral (artikelnya “das”). Jadi sebagai pengganti bagi Katze tidaklah dipakai “es” melainkan “sie.” Terlepas dari kucing itu jantan atau betina.

Perbedaan menarik lainnya adalah bahasa Jerman tidak memiliki perbedaan signifikan antara bentuk waktu lampau (Vergangenheit) dengan bentuk waktu “sempurna” (Perfektum). Jadi kita boleh mengatakan: “Ich brachte dem Kind ein Buch” atau “Ich habe dem Kind ein Buch gebracht.” Keduanya tidak memiliki makna yang begitu berbeda. Sebaliknya dalam bahasa Inggris, Past Tense (waktu lampau) dan Perfect Tense (waktu sempurna) tidak dapat dipertukarkan. Perhatikan contoh berikut ini.

I brought the child a book yesterday. (Past Tense)

dan

I have brought the child a book. (Present Perfect Tense)

Apakah bedanya? Past Tense atau Simpe Past Tense memerlukan keterangan waktu (dalam hal ini adalah “yesterday”). Sedangkan Perfect Tense tak merlukan keterangan waktu. Yang dipentingkan adalah bahwa pekerjaan itu “sudah” dilakukan. Waktunya kapan tidaklah dipentingkan.

Demikian sedikit uraian singkat ini semoga dapat menyegarkan ingatan kita terhadap bahasa Jerman mapun Inggris.

3 komentar:

  1. Hai Van, pa kabar? lama nggak ketemu!
    Bagus tulisan diatas, cuma tak koreksi dikit yah..:)

    "it" itu BISA identik dgn "es", spt it's clear, dlm jerman es ist klar.

    Sebagai pengganti bagi Katze tidaklah dipakai "es" melainkan "sie", karena Katze adalah kucing betina. Kalau kucing jantan, artikelnya der, jadi der Kater.

    Ini cuma memperlengkapi aja...:)

    BalasHapus
  2. Thanks Riker atas komentarnya. Salam kompak selalu. Maaf baru sempat balas sekarang.

    BalasHapus